Kamis, 08 September 2011

It's Our Last Story, Dad


11 desember 2007
seperti tahun.tahun sebelumnya..
beliau yang pertama memberi ucapan SELAMAT ULANG TAHUN ADEK..
satu hadiah buku filosofi menjadi kado terakhir yang pernah papa berikan..

11 desember 2008
di hari ulang tahunku..malam itu papa,della,rudi,om roni dan aku makan malam bersama @sakura..
banyak canda dan indah terasa..
adek saya (della) dan papa..

11 desember 2009
tahun pertama aku kuliah dan pertama dan terkhir kalinya papa tidak berkata "SELAMAT ULANG TAHUN ADEK"..
papa yang ingetin ke mama klo anakmu hari ini ulang tahun..
papa yang ingetin ke adekku klo hari ini mbak clara ulang tahun..
papa yang bilang ke om ku klo hari ini clara ulang tahun..
tapi gag ada kata selamat ulang tahun yang terucap dari bibir papa..
aku pun gag tau kenapa..

25 januari 2010
itu hari ulang tahun papa..
kebetulan aku ada di samping..
yang aku inget,gag ada yang spesial pada hari itu..
hanya mengucap "happy birthday pap,semoga jadi papa yang lebih sabar yaaaah"..

21 februari 2010
papa benar.benar dalam keadaan sakit parah..
infus di tangan dan papa ingin bicara banyak denganku walaupun suaranya sangat lirih terdengar..
waktu itu aku udah gag kuat ngliat kondisi papa..
sangat lemah dan butuh banyak perhatian..
papa banyak bicara tentang kehidupanku di malang..
tentang aku yang sering merasa "kesepian"..
papa berharap aku bisa jadi manusia yang lebih baik..
saat itu papa sempat mengeluh tentang kondisinya..dan berkata, "papa udah gag kuat dek"

19 juni 2010
hari itu aku di malang,dan aku sakit..
sakit paling parah yang pernah aku rasakan..
aku kabarin papa klo aku sakit, dan papa..
begitu perhatian dan itu adalah perhatian yang paling indah yang pernah aku rasakan..
papa ngasih aku semangat untuk tetap bertahan dan berdoa..
"clara pasti sembuh,berjuang dek,papa yakin clara sembuh!!"

23 juni 2010
aku sembuh dan aku balik ke tuban..
malam itu aku bilang ke papa "pap,ayok pacaran pap..ayok dinner ayam bakar.."
dan kami berduapun makan malam @chichi..
gag seperti makan malam biasanya..papa banyak diam dan hanya menatapku..

24 juni 2010
aku pengen ikut SP dan balik ke malang..
tapi papa gag bolehin aku pergi..
papa bilang,"papa gag ngijinin clara SP,clara harus tetep di sini"
aku sempet marah dan beberapa hari aku cuekin papa..

:: 2 minggu aku di rumah..papa adalah orang pertama yang aku lihat setelah aku bangun tidur..dan papa selalu menunggu di depan kamarku..walaupun aku selalu cuekin papa ::

17 juli 2010
malam pada hari itu,papa beliin jagung bakar buat aku,mama,adek..
kami makan jagung bakar bersama dan banyak canda..*sangat indah..

19 juli 2010
aku pamit ke papa klo besok pagi aku mau balik ke malang..
"dek,papa mohon sampai akhir bulan aja kamu di tuban,awal bulan agustus kamu baru balik malang..papa pengen kamu disini sama papa..papa pengen deket sama orang-orang yang papa sayang"
tapi aku tetep bilang klo aku harus balik malang..
dan akhirnya timbul perjanjian..
"iya pap,aku janji tanggal 28 aku balik ke tuban lagi,tapi besok aku tetep harus ke malang"

20 juli 2010
hari ini mama ulang tahun..
aku tetep balik ke malang..
sebelum berangkat dari rumah..
aku sempet pake sepatu di depan papa...dan papa..selama itu hanya memandangku..diam..
aku sempet berkata,"lapo seh pap diem ae,,,gariiinggg..ngomong po'o"
papa hanya tersenyum * :)
aku : ayok pap,anterin aku nyegat bis!!
pap : dek,salim dulu sama papa..
aku : loh,napa kug salim sekarang pap ? ntar kan nyegat bis nya juga sama papa..ntar aja lo salimnya..
pap : papa pengen kamu salim sekarang,ntar salim lagi..(sambil bercanda)
aku : (salim:cium tangan papa dan papa mencium pipi kanan dan kiriku..)
pap : (sambil masih memegang tanganku) maafin semua kesalahan papa di dunia y dek..
aku : (bingung sama omongan papa dan aku buat bercanda) ahahahaha,,,ngomong apaan sih,iya2 pap..udah dek ayok berangkat..





:: sepanjang perjalanan gag tau kenapa aku pengen ngliat papa terus,,,aku liatin papa dari spion..dan gag tau kenapa aku nangis disitu.. ::

:: waktu nyegat bis ::
biasanya papa yang selalu berdiri nunggu bis..dan aku yang duduk..
tapi hari itu..papa hanya duduk..dan aku yang berdiri nunggu bis..
sampai akhirnya ada bis menuju surabaya,aku teriak,"pap,bisnya dateeeeeennggg!!"
papa berjalan ke arahku dan aku salim untuk yang kedua kalinya..
waktu aku naik bis,aku sempet denger teriakan papa, "PAPA SAYANG CLARA"
aku menoleh ke papa dan hanya aku balas dengan senyuman.. :))

21 juli 2010
sejak aku balik ke malang,aku gag bisa tidur tiap malem..
gag tau apa yang aku pikirin..
tapi aku selalu gag bisa tidur..

22 juli 2010
gag ada suatu firasat sedikitpun hari itu..
jam 12.50 aku keluar rumah karena aku ada janji sama temen2..
jalanan macet total dan hari itu sangat panas..
belum sampai tempat tujuan,entah kenapa aku pengen buka HP..
aku berhenti di pinggir jalan..
aku ambil HP dari tas,6 missed call dan 3 sms..
belum sempet aku baca sms..sepupuku yang di bandung telfon..
aku kaget dan gag percaya waktu dia bilang klo p2 udah meninggal..
aku teriak2 kayak orang gila di jalan.."KEMBALIIN PAPA YA TUHAN...KEMBALIIN PAPA..PAPA GAG BOLEH PERGI!!!!!!"
saat itu juga aku balik ke tuban ditemenin billy,mz aldi,mb tika,mb komang,mz hilmi..
dalam perjalanan..nangis..nangis..nangis.dan masih gag percaya..
mama,om,adek,sepupuku terus.terusan telfon dan tanya "udah nyampe mana?cepetan ini cuma nunggu kamu dek"

sampai di tuban jam 20.00
di depan rumah..
aku masih gag percaya papa meninggal walaupun keadaan rumah udah rame banged orang.orang nglayat..
aku jalan dituntun om roni..
sampai di dalem rumah..aku liat keranda yang udah di tutupin kain hijau dan rangkaian bunga..
aku peluk mama..dan aku menangis sekeras.kerasnya yang aku bisa..

(di depan papa)
aku hanya bisa bilang "maaf mama..maafin clara..maaf mama..maaf mama..clara gag nurut sama papa"
ketika aku lepas dari pelukan mama..saat itulah kain hijau itu dibuka..dan aku melihat wajah papa untuk yang terakhir kalinya..
YA ALLAH..KUATKAN AKU..PAPA SEPERTI ORANG TIDUR..PAPA GANTENG..PAPA GAK PUCAT..PAPA..
aku menangis lagi dan menangis..
gag sampe 2 menit aku liat papa..papa udah harus ditutup kain kafan dan aku gag bisa liat papa lagi..
papa..
papa..
papa..


maafin clara..
clara belum bisa jadi yang seperti papa inginkan..
beberapa menit kemudian keranda papa diangkat dan dibawa menuju peristirahatan terakhir..
y Allah..
papa belum sempet liat aku lulus kuliah..
papa belum sempet liat adek lulus SMP..
papa belum sempet liat aku kerja..
papa belum sempet jadi wali nikahku kelak..
y Allah..
tolong jaga papa..
jaga papa untukku..
andai saja aku bisa gantiin papa..
aku bakal gantiin papa..
menahan sakit itu..

:: tapi sekarang aku yakin papa baik.baik saja..dan papa gag akan sakit lagi ngerasain penyakitnya..papa udah sembuh..papa gag akan sakit lagi sekarang..
papa..maafin clara kemarin2 udah gag nurut sama papa..
clara janji clara bakal usahain gag takut sama kodok lagi..
clara janji gag takut gelap malam.malam lagi..
clara janji clara bakal jaga mama dan adek..
clara janji clara lulus kuliah cepet..
clara janji clara bakal jadi orang sukses buat bahagian mama..
seperti yang papa harapin..
clara sayang papa..
baik.baik disana ya pap..
..rest in peace and love..
I LOVE YOU PAPA..
:")))

2 komentar:

  1. sabar ya... km pasti bisa,,, aku juga ngerasa kehilangan yang sama waktu 2 tahun yang lalu bapakku meninggal... yg kita bisa lakukan adalah mendoakan... semangat!

    BalasHapus
  2. mas nipel.. aku baru tau komentar ini, hehehe..
    iya mas, tetep semangat ya..
    God bless us.. :))

    BalasHapus